Post Terbaru
PENULIS :
- Yos Horta Meliala
- Prof. Dr. Hamidah, SE., M.Si
- Prof. Dr. Saparuddin, M., M.Si
Public Relations yang diterjemahkan menjadi hubungan masyarakat (humas) mempunyai dua pengertia\. Peltama, humas dalam artian sebagai teknik komunikasi ata! techniqLre of communication dan kedua, humas sebagai metode komunikasi atau method of communicatioll (Abdurrahman,1993:'10)
Hadirnya buku ini diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai peran media digital untuk menunjang komunikasi public relations, serta bagaimana perkembangan teknologi komunikasi digital dan ruang lingkupnya.
Komunikasi massa merupakan penyampaian informasi satu
arah, tidak atau jarang interaktif, feedback bersifat tertunda
(delayed feedback), dan mengandung nilai di setiap
pesannya. Komunikator dan komunikan dalam komunikasi
massa tidak saling mengenal.
Buku yang berjudul “Metode Survei dalam Penelitian
Komunikasi“ ini berisi tentang Hakikat Penelitian, Hakikat
Komunikasi, Metode Survei dan laporan penelitian survei
yang berjudul Pengaruh Tayangan Iklan Layanan Masyarakat dan
Pemberitaan Covid-19 di Televisi Terhadap Penerapan Protokol
Kesehatan oleh Warga Perumahan Setu Indah, Cipayung, Jakarta
Timur.
Buku Panduan Praktis Kehumasan ini mengulas teknik dan aplikasi yang digunakan dalam aktivitas
kehumasan, guna menghadapi tantangan di era keterbukaan informasi dan sekaligus mewujudkan
tata kelola kehumasan yang profesional serta memiliki integritas.
Manajemen dapat dirumuskan sebagai suatu proses dari
kelompok orang-orang yang secara koordinatif, memimpin
kegiatan-kegiatan tertentu untuk mencapai tujuan-tujuan
bersama. Dalam dunia periklanan, konsep-konsep manajemen
digunakan untuk mempermudah pelaksanaan fungsi dan tujuan
periklanan secara efektif.
Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai sebuah konsep
merupakan gagasan yang menjadikan perusahaan tidak hanya
dihadapkan pada tanggung jawab aspek keuntungan, namun
juga harus memperhatikan aspek sosial dan lingkungannya.
Praktik CSR saat ini telah menjadi perilaku yang umum di
Indonesia, namun belum seluruh perusahaan
menerapkannya.
Buku yang ada di tangan pembaca saat ini berbicara
mengenai sosiologi komunikasi. Sebagaimana diketahui,
kegiatan komunikasi tidak hanya sebatas kegiatan
mentransmisikan informasi antara satu pihak kepada pihak
lainnya, namun terdapat umpan balik dengan bahan mentah
berupa pengetahuan yang dimiliki para aktor komunikasi.
Aktivitas individu dalam organisasi memiliki hubungan erat
dengan komunikasi. Artinya, pembentukan perilaku organisasi
agar dapat sesuai dengan yang dibutuhkan organisasi, harus
menggunakan komunikasi. Perilaku dasar individu sebelum
menjadi anggota organisasi bersifat heterogen, yang belum tentu
cocok dengan yang dibutuhkan oleh organisasi.
Tujuan utama penulisan buku ini adalah untuk
menambah referensi mahasiswa Mata Kuliah Analisis
Kebijakan Publik pada khususnya dan pemerhati studi
kebijakan publik pada umumnya.
Komunikasi massa merupakan penyampaian informasi satu
arah, tidak atau jarang interaktif, feedback bersifat tertunda
(delayed feedback), dan mengandung nilai di setiap
pesannya. Komunikator dan komunikan dalam komunikasi
massa tidak saling mengenal.
Dalam menghadapi persaingan dalam dunia bisnis
diperlukan suatu strategi yang tepat guna memenangkan
persaingan tersebut. Strategi di tingkat operasional akan
memegang kendali utama terlaksananya tujuan perusahaan
dalam mencari keuntungan. Memberikan perhatian kepada
lingkungan merupakan cara terbaik untuk merumuskan
strategi yang akan diterapkan guna menghadapi persaingan
Buku yang ada di tangan pembaca saat ini, berbicara
mengenai investor relations. Pada beberapa tahun belakangan
ini, kita pasti pernah mendengar bagaimana public relations
berkembang menjadi suatu peran yang tidak dapat dianggap
remeh. Dalam perusahaan, public relations bertugas sebagai
sumber informasi mengenai perusahaan, syarat ini mutlak
bagi praktisinya baik itu untuk kegiatan internal maupun
eksternal.
Buku ini dapat tersusun karena adanya suatu kolaborasi dari beberapa
penulis yang berasal dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta sebagai pelaksanakan amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Berkat dukungan moral dan material dari berbagai pihak sangatlah
membantu tersusunnya buku ini.
Buku ini dapat tersusun karena adanya suatu kolaborasi dari beberapa penulis yang berasal dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta sebagai pelaksanakan amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Buku ini dapat tersusun karena adanya suatu kolaborasi dari beberapa
penulis yang berasal dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun
swasta sebagai pelaksanakan amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Berkat dukungan moral dan material dari berbagai pihak sangatlah
membantu tersusunnya buku ini.
Buku ini dapat tersusun karena adanya suatu kolaborasi dari beberapa
penulis yang berasal dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun
swasta sebagai pelaksanakan amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Psikologi merupakan ilmu yang telah berkembang lama, sedangkan
komunikasi merupakan cabang ilmu yang relatif baru berkembang.
Dalam psikologi peran komunikasi sangatlah penting. Bahkan seorang
psikolog akan mendapat memahami pasiennya saat diajak komunikasi
sehingga psikologi dan komunikasi merupakan dua hal yang tidak dapat
terpisahkan dalam kehidupan manusia.
Konstruksi Bidang Kajian Komunikasi Kriminal ini nantinya diharapkan dapat berfungsi sebagai “payung” bagi penelitian-penelitian yang akan dilakukan kemudian berkaitan dengan subjek penelitian tentang kejahatan, penjahat dan ilmu komunikasi.
Para mahasiswa S1 dan S2 dianjurkan untuk dapat memakai dan menyimak buku ini
sebagai pedoman mempelajarai metode penelitian kuantitatif bagi penulisan karya
ilmiah atau tugas akhir, karena buku ini juga dilampiri form usulan ancangan
penelitian, dilanjutkan dengan contoh isiannya sebagai usulan rancangan penelitian,
contoh Bab-I, Bab II dan Bab III sebagai pengembangan isian dari pengajuan usulan
rancangan penelitian serta contoh laporan penelitian dengan metode survei.
Konstruksi Bidang Kajian Komunikasi Kriminal ini nantinya
diharapkan dapat berfungsi sebagai “payung” bagi
penelitian-penelitian yang akan dilakukan kemudian
berkaitan dengan subjek penelitian tentang kejahatan,
penjahat dan ilmu komunikasi.
Buku ini dapat tersusun karena adanya suatu kolaborasi dari beberapa penulis yang berasal dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta sebagai pelaksanakan amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi. Berkat dukungan moral dan material dari berbagai pihak sangatlah membantu tersusunnya buku ini.
Buku ini dapat tersusun karena adanya suatu kolaborasi dari beberapa
penulis yang berasal dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun
swasta sebagai pelaksanakan amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Berkat dukungan moral dan material dari berbagai pihak sangatlah
membantu tersusunnya buku ini.
Buku tentang Pers, Pornografi,
dan Politik. Kehadiran Buku ini kami pandang memiliki arti penting
bagi segenap civitas academica Fakultas Ilmu Komunikasi,
Universitas Prof. Dr. Moestopo, khususnya bagi dosen dan
mahasiswa jurnalistik yang membutuhkan referensi untuk
pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidangnya.
Buku ini berisi kumpulan karya tulis ilmiah Gati Gayatri, salah
seorang dosen senior Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Prof.
Dr. Moestopo yang disusun selama keterlibatannya membantu
Dewan Pers dalam penyusunan Standar Kompetensi Wartawan
sejak tahun 2004 sampai dengan 2010.
Era multimedia memiliki signifikansi yang luas terkait aktivitas-aktivitas komunikasi politik saat ini. Kehadiran berbagai jenis media
baru memberikan dampak dan implikasi yang dinamis terhadap
proses komunikasi politik, termasuk aktivitas komunikasi politik
harus dilakukan dalam semua sarana multimedia agar memiliki
dampak yang lebih luas.
Proses komunikasi berlangsung melalui pemanfaatan berbagai
saluran komunikasi politik dalam beragam media dan tahapan.
Media massa merupakan saluran dan instrumen komunikasi yang
paling menarik dan berpengaruh dalam proses politik. Terutama
komunikasi virtual dimana komunikasi dilakukan melalui
internet. Komunikasi virtual merupakan salah satu bentuk
komunikasi yang sering dilakukan setelah berkembangnya
teknologi internet.
Komunikasi politik di era multimedia saat ini sudah sangat
mengandalkan kehadiran media baru yang berbasis internet.
Penguasaan teknologi informasi adalah bagian dari munculnya
kekuatan media baru, di mana hal ini tentunya membawa
perubahan di dalam masyarakat. Siapa pun, termasuk pengguna
media baru tersebut, sekarang juga bisa terlibat langsung dalam
proses tersebut.
Komunikasi virtual adalah komunikasi yang dilakukan melalui
internet. Komunikasi virtual merupakan salah satu bentuk
komunikasi yang sering dilakukan setelah berkembangnya
teknologi internet. Komunikasi politik era virtual mengaruskan
para aktor politik untuk memanfaatkan media-media virtual
untuk menyampaikan pesan politiknya. Komunikasi politik
secara virtual membuat segala aspek dapat terlibat dalam
proses penyampaian pesan politik. ISBN: 978-602-1039-46-5
Buku yang ada di tangan pembaca saat ini
diharapkan dpat membuka pemahaman baru
terhadap perkembangan konsep dan praktik
komunikasi politik yang telah memasuki era
digital. Serta bagaimana fungsi dan proses
komunikasi politik dalam era digital bisa
berjalan.
Komunikasi politik menyampaikan pesan-pesan politik dari
para aktor-aktor politik, yang berkaitan dengan kekuasaan,
pemerintahan, dan kebijakan pemerintah. Peran komunikasi
berlangsung melalui pemanfaatan saluran komunikasi politik
dalam beragam bentuk dan level. Media massa merupakan
saluran dan instrumen komunikasi yang paling menarik dan
berpengaruh dalam proses politik
Dapat dikatakan, komunikasi politik (political communication) merupakan
suatu metode analisa politik yang berkembang sejak dasawarsa 1990an
dalam ilmu politik di Indonesia, namun ia mulai diserap dan diterapkan seara
signifikan di dunia akademik sejak awal abad ke-21. Sebagai metode analisa
dalam ilmu politik, penelitian tentang konsepsi komunikasi politik sangat
penting untuk mengamati dan memahami fenomena politik. ISBN: 978-602-1039-79-5
Sinopsis:
Jurnalistik memiliki peran penting dalam masyarakat sebagai penjaga kebebasan informasi, pengawas kekuasaan, dan pembawa perubahan. Melalui tulisan, laporan, dan investigasi yang objektif, jurnalis berperan dalam menyampaikan fakta, menceritakan cerita, dan memberikan suara pada mereka yang tidak terdengar.
Politik pada hakikatnya kegiatan orang secara kolektif untuk
mengatur perbuatan mereka di dalam kondisi konflik sosial. Bila
orang mengamati konflik, mereka menurunkan makna
perselisihan melalui komunikasi.